Tips Memancing Alam Liar Terbaru

Kedengaran penasaran dengan yang satu ini, yaitu mancing di alam liar, yang tentunya ikanpun masih pada perawan alias belum disentuh tangan manusia.
Mancing di alam liar biasanya dilakukan di sungai, rawa maupun danau yang tentunya ikan harus asli perairannya, tampa ada pembibitan, tentu akan seru dan menantang untuk menggali emas di alam liar.

Berikut  ini untuk beberapa tips memancing alam liar atau Wild Fishing.

1. Umpan
Menentukan umpan apa yang kita gunakan adalah hal yang utama dalam kegiatan memancing, karena pemilihan jenis umpan yang tepat adalah salah satu penentu keberhasilan anda mendapatkan ikan sasaran. Bisanya untuk kegiatan Wild Fishing jenis umpan yang harus selalu disediakan adalah Jangkrik, cacing, roti, pelet, lumut ( air tawar maupun lumut tambak ), udang ( hidup atau mati ), daun singkong, dan daun daunan lainnya. Setidaknya jika anda melakukan Wild Fishing maka umpan umpan tersebut harus sudah anda persiapkan karena biasanya di lokasi tidak ada orang yang menjual umpan, tetapi anda bisa mendapatkan di pasar. Untuk itulah persiapan jenis umpan yang berneka warna harus anda bawa saat memancing di alam liar. Tambahan jenis umpan lainnya adalah umpan tiruan bisa anda gunakan ( umpan tiruan / lure ) sebagai variasi.
2. Pancing
Pemilihan jenis mata kail juga merupakan penentu keberhasilan kita, Pemilihan mata kail harus disesuaikan dengan jenis sasaran ikan yang akan kita pancing. Jika jenis ikan dengan mulut kecil maka mata kail juga harus kecil, demikian juga sebaliknya. Untuk itu diperlukan pengalaman dan ketrampilan dalam memancing di alam liar. Terkadang ikan kecil dengan mata kail kelis suka lepas kaerna pemilihan bentuk dan seri mata kail membuat ikan yang sudah terjerat bisa lepas, ataupun kail patah. sebelum berangkat mancing, siapkan dulu mata kail untuk serep dan jaga-jaga, di sungai kan gak ada toko pancing jangan lupa juga teman-temannya seperti pelampung dan timah.

3. Senar
Menentukan jenis dan ukuran senar juga merupakan pilihan penting dalam memancing dengan Wild Fishing. Di alam liar ikan ikan tumbuh tanpa kontrol dari manusia, terkadang ikan ikan di lokasi adalah ikan Monster dengan ukuran yang besar, dan terkadang hanya ikan ikan kecil. Menurut kami pilih saja senar dengan ukuran kecil tetapi mempunyai kekuatan yang besar / tidak mudah putus dan juga lentur, bisa pakai senar pancing abu garcia, Yo-zuri atau power beds Gamakatsu yang tentunya lentur dan nyaman buat hentakan di sungai. Disayangkan jika kita sudah capek capek bertarung dengan ikan, ternyata ikan lepas karena senar tidak kuat menahan kekuatan ikan.
4. Pelampung
Pemilihan menggunakan pelampung atau tidak membutuhkan ketrampilan dan tiap tiap pemancing berbeda beda dalam menentukan pilihan memakai pelampung atau menggunakan teknik dasar ( tanpa pelampung ). Tetapi jika ingin mengetahui umpan kita dimakan atau tidak lebih baik menggunakan pelampung karena lebih mudah mengontrol. Jika dengan menggunakan pelampung kita cukup mengamati naik turunnya pelampung. Pelampung juga berfungsi untuk menjaga umpan tetap pada posisi pergerakan ikan, sehingga posisi umpan sesuai dengan lintasan ikan, yang memberikan peluang lebih besar umpan kita dimakan oleh ikan. Pilihan pelampung juga harus tepat jangan sampai terlalu berat pemberatnya sehingga pelampungnya ikut tenggelam.
5. Pemberat
Penggunaan pemberat timah ini dimaksudkan supaya umpan dapat cepat masuk ke air. Pilih timah lipat yang tipis atau timah daun, gunakan sedikit saja agar pelampung tidak ikut tenggelam.
6.Perlengkapan
 Siap payung, Topi, Jas Hujan, Grip penjepit ikan, koja ( tempat ikan), sarung tangan, tas joran, topi, kaos mancing cadangan, Nasi bungkus, Makanan Ringan, kopi+rokok juga handphone berkamera untuk nantinya buat memotret hasil tangkapan.
Memancing di alam liar biasanya di tempat tempat terbuka yang panas juga cuaca cepat berubah, maka kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. disini sedia peralatan tersebut termasuk makanan karna kita akan habiskan waktu lumayan buat berpetualang menelusuri alam liar..


Selamat mencoba dan good luck