Teknik memancing ikan nila

Sedikit saja saya share tentang tekhnik dan cara memancing ikan nila di danau maupun kolam.
Ikan nila di danau ataupun kolam besar terlebih dahulu kita tentukan dulu dimana letak ikan nila berkumpul biasanya agar ikan nila cepat berkumpul kita harus gunakan umpan boom dulu kalou sudah kelihatan beriak itu tandanya ikan mudai berkumpul. Memang tidak tentu dimana harus melempar boom kalou lahan airnya cukup luas apalagi di alam liar seperti di danau. Untuk di alam liar biasanya ikan berkumpul di air yang mengalir ataupun air tenang bisa dibagian pinggir yang banyak semak belukar..

Umpan Boom yang digunakan.
Umpan boom yang digunakan bisa menggunakan amisan, amisan ini mengandung protein. Bisa menggunakan pelet boom dengan kadar 20-30%.

Untuk umpan ini anda bisa gunakan tepung ikan murni dengan kadar 40-50%. Yang bagus sihh bisa pakai tepung ikan laut seperti tuna, tongkol, cakalang dll ataupun tepung ikan cacing lumbricus luberus.
Dengan menggunakan  tepung ikan, anda juga bisa menggunakan tepung ikan dengan kadar tinggi 50-70% agar bisa dicampur dengan pelet dan lumut sawah.
Ataupun bisa tambahkan minyak ikan kadar tinggi.



Karakter ikan nila cukup beringas, namun ikan nila akan sulit dipancing ketika sudah mulai mendung dan gerimis lalu terjadi hujan, jangan harap ikanj nila bisa dipancing.
Dalam memancing ikan nila mancinglah pada cuaca cerah sehingga ikan sangat bernafsu untuk makan siang, kecuali lagi puasa hehe...
Tepung tuna dan tongkol sudah saya coba, dan ikan terbesar di kolam sudah banyak di angkat, namun kalou mulai hujan bersembunyi tuh ikan, mungkin tandanya waktu imsak...

Mata kail, mata kail juga penting, Gunakan mata kail yang leter U, ini bagus, untuk ikan sekilo ke atas gunakan mata kail no 8-9 atau lebih besar lagi sesuai bobot.. Kaitkan yang sempurna, agak ditonjolkan sedikit mata pisaunya asal jangan mudah lepas.
Ketika kumbul mulai bergerak, tunggu hingga dibawa agak jau jangan langsung di tarik..

Nah dari yang sudah saya tulis di atas umpan ikan nila tidak hanya tumbuhan, tapi juga protein ikan terutama amisan, atau kombinasi amisan kuat dan gurih dan untuk waktu memancing ikan nila bisa siang dan sore hari asal cuaca sedang cerah dan tidak terjadi hujan...
Untuk metode pelampung atau dasaran, dua duanya bisa dipakai tergantung dalam dan dangkalnya kolam atau danau, kalou dalam bisa dasaran, tapi saya anjurkan buat kumbul tapi jarak ke mata kail agak dalam..

satu lagi, tepung ikan bisa anda kombinasikan dengan roti atau donat yang banyak sisa dari pabrikan roti, bisa anda pakai sekitar 20%.. dan essence pandan dan lumut sedikit..


Untuk anda yang memerlukan tepung ikan kadar protein bagus untuk mancing ikan nila klik DISINI

Trimakasih dan Salam Strike

Temukan juga berbagai macam resep umpan pancing yang sederhana maupun hig definition di blog ini, atau dapatkan juga umpan yang sudah siap pakai agar tidak bingung u8ntuk racik meracik..
Trims